LITERATURE REVIEW: DAMPAK STATUS GIZI PENDEK (STUNTING) TERHADAP PRESTASI BELAJAR

  • Riska Pratiwi STIKes Yatsi Tangerang
  • Ria Setia Sari STIKes Yatsi Tangerang
  • Febi Ratnasari STIKes Yatsi Tangerang

Abstract

Pendahuluan: Stunting adalah suatu keadaan dimana anak mengalami gagal tumbuh yang diakibatkan oleh penyerapan gizi yang terhambat, yang dapat di lihat dari TB/U dengan hasil z-score <-2SD dari median standar pertumbuhan anak. Stunting pada anak-anak dapat menyebabkan perkembangan kognitif, motorik, dan sosial-emosional yang buruk. Selanjutnya, gangguan ini menyebabkan prestasi sekolah yang buruk. Literature review ini bertujuan untuk mengetahui secara spesifik serta meninjau artikel atau jurnal terkait dampak stunting terhadap prestasi belajar anak. Metode: Metode yang digunakan dengan melakukan pencarian artikel penelitian yang relevan dengan topik yang dibahas dengan menggunakan bantuan situs pencari google dengan akses e-Resource. Simpulan: Berdasarkan peninjauan artikel didapatkan bahwa stunting berdampak buruk pada pencapaian/prestasi akademik anak, anak dengan stunting cenderung memiliki prestasi belajar yang rendah dibandingkan dengan anak yang tidak stunting.

Published
2021-03-31
How to Cite
PRATIWI, Riska; SARI, Ria Setia; RATNASARI, Febi. LITERATURE REVIEW: DAMPAK STATUS GIZI PENDEK (STUNTING) TERHADAP PRESTASI BELAJAR. MIDWINERSLION : Jurnal Kesehatan STIKes Buleleng, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 29-34, mar. 2021. ISSN 2528-6420. Available at: <http://ejournal.stikesbuleleng.ac.id/index.php/Midwinerslion/article/view/208>. Date accessed: 21 apr. 2021. doi: https://doi.org/10.52073/midwinerslion.v6i1.208.