PENGARUH METODE BERMAIN PERAN DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD TELKOM SINGARAJA

  • Kadek Jayanthi Riva Pratiwi IHDN Singaraja

Abstract

Pendahuluan: Boneka tangan merupakan boneka yang dijadikan media atau alat bantu yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Jenis boneka yang biasanya digunakan adalah boneka tangan yang terbuat dari potongan kain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran dengan media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Telkom Singaraja. Metode: Desain penelitian menggunakan pra-eksperimental dengan rancangan one group pre-post test design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di PAUD Telkom Singaraja. Besar sampel yang digunakan adalah 30 responden yang telah dipilih dengan menggunakan teknik sampling total sampling. Pengukuran kemampuan berbicara dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi yang berpedoman pada tugas-tugas menurut usia di Denver II. Penelitian ini menggunakan statistik parametrik menggunakan uji paired sample t-test dengan taraf signifikan α=0,05. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan rata-rata (mean) pre-test adalah 56,00 dan rata-rata (mean) post-test adalah 68,33. Hasil uji statistik parametrik menggunakan uji paired sample t-test didapatkan hasil pre dan (0,000) <α (0,05), yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan: Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode bermain peran dengan media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Telkom Singaraja.

Published
2021-03-31
How to Cite
RIVA PRATIWI, Kadek Jayanthi. PENGARUH METODE BERMAIN PERAN DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD TELKOM SINGARAJA. MIDWINERSLION : Jurnal Kesehatan STIKes Buleleng, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 12-16, mar. 2021. ISSN 2528-6420. Available at: <http://ejournal.stikesbuleleng.ac.id/index.php/Midwinerslion/article/view/204>. Date accessed: 21 apr. 2021. doi: https://doi.org/10.52073/midwinerslion.v6i1.204.