PENGARUH PERMAINAN EDUKATIF FINGER PAINTING TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA PRASEKOLAH 4-5 TAHUN DI TK KUMARA STANA DESA MUNDUK

  • Kadek Dwi Sentana Putra IHDN Singaraja

Abstract

Pendahuluan: Anak usia prasekolah adalah mereka yang berusia 3-6 tahun. Anak merupakan dambaan setiap keluarga. Selain itu setiap keluarga juga mengharapkan anaknya kelak bertumbuh kembang secara optimal. Melukis dengan jari (finger painting) merupakan salah satu kegiatan teknik melukis dengan mengoleskan cat pada kertas basah menggunakan jari jemari yang dapat dilakukan anak untuk menuangkan imajinasinya melalui lukisan yang dibuat dengan jari jemari anak, dalam kegiatan ini dapat melatih motorik halus dan kreativitas yang dimiliki anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh permainan edukatif finger painting terhadap perkembangan motorik halus anak usia prasekolah 4-5 tahun di TK Kumara Stana Desa Munduk. Metode: Penelitian ini menggunakan pra-eksperimental dengan rancangan one group pre-post test design. Besar sampel dalam penelitian ini 30 responden yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil: Penelitian ini menggunakan uji paired-t-test didapatkan nilai dengan taraf signifikan p=0,05 didapatkan (p) adalah 0,000 yang menunjukan bahwa p<0,05 (0,000<0,05), artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Simpulan: Disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan edukatif finger painting terhadap perkembangan motorik halus anak usia prasekolah 4-5 tahun di TK Kumara Stana Desa Munduk.

Published
2021-03-31
How to Cite
SENTANA PUTRA, Kadek Dwi. PENGARUH PERMAINAN EDUKATIF FINGER PAINTING TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA PRASEKOLAH 4-5 TAHUN DI TK KUMARA STANA DESA MUNDUK. MIDWINERSLION : Jurnal Kesehatan STIKes Buleleng, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 6-11, mar. 2021. ISSN 2528-6420. Available at: <http://ejournal.stikesbuleleng.ac.id/index.php/Midwinerslion/article/view/203>. Date accessed: 21 apr. 2021. doi: https://doi.org/10.52073/midwinerslion.v6i1.203.