Hubungan IMT (Indeks Masa Tubuh) Dengan Keluhan Muskuloskeletal Pada Pekerja Pengangut Pupuk Di PT Carisma Sentra Persada

  • Ari Permana Putra Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng
  • Made Martini Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng
  • I Km. Gde Trisna Purwantara Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng

Abstract

Pendahuluan : Indeks masa tubuh (IMT) merupakan cara sederhan untuk melihat status gizi orang dewasa, kusunya yang berkaitan dengan kekurangan dan kelebihan berat badan. Tujuan : Penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Indeks Masa Tubuh dengan Keluhan Muskuloskeletal Pada Pekerja Pengangkut Pupuk di PT. Carisma Sentra Persada. Metode : Desain peneitin ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel terdiri dari 35 responden. Teknik sampling yang digunkan adalah bagian dari probility sampling yaitu total sampling, pengumpulan data menggunakan kusioner. Analisis data mengunakan dstribusi frekuensi dan uji Spearman Rho dengan nilai α 0,05. Hasil: Hasil uji statistik didapatkan terdapat hubungan antara Indeks Masa Tubuh dengan Keluhan Muskuloskeletal Pada Pekerja Pengangkut Pupuk, dengan nilai p vaue = 0,023, dan nilai r = 0,383. Kesimpulan : Maka Ho ditolak yang berarti ada Hubungan Indeks Masa Tubuh dengan Keluhan Muskuloskeletal Pada Pekerja Pengangkut Pupuk Di PT Carisma Sentra Persada.

Published
2020-03-30
How to Cite
PUTRA, Ari Permana; MARTINI, Made; PURWANTARA, I Km. Gde Trisna. Hubungan IMT (Indeks Masa Tubuh) Dengan Keluhan Muskuloskeletal Pada Pekerja Pengangut Pupuk Di PT Carisma Sentra Persada. MIDWINERSLION : Jurnal Kesehatan STIKes Buleleng, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 202-210, mar. 2020. ISSN 2528-6420. Available at: <http://ejournal.stikesbuleleng.ac.id/index.php/Midwinerslion/article/view/179>. Date accessed: 03 dec. 2020.