Pengembangan Media Video Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Ibu Tentang Tumbuh Kembang Anak di Wilayah Kerja Puskesmas Jagoi babang Kalimantan Barat

bahasa indonesia

  • Yopita Triguno stikes buleleng
  • Supahar . Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng
  • Luh Ayu Purnami Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng

Abstract

Latar Belakang : Tumbuh kembang anak merupakan proses yang terjadi pada kehidupan anak, sehingga membutuhkan perhatian yang khusus. Di Indonesia terdapat 7,51% prevalensi penyimpangan perkembangan.


Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh media video untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap ibu tentang tumbuh kembang anak di wilayah kerja puskesmas Jagoi Babang.


Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan rancangan pre test-post test group design. Penelitian dilakukan diwilayah kerja puskesmas jagoi babang tanggal 24 juli 2019. Sampel penelitian 53 orang masing-masing kelompok media video, leaflet dan PPT. Teknik pengambilan sampel simpel random sampling. Variabel independen yaitu media video, variabel dependen yaitu pengetahuan dan sikap. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis pengaruh menggunakan manova dan uji beda menggunakan anova.


Hasil Penelitian : Penyuluhan menggunakan media video, leaflet dan power point berpengaruh pada pengetahuan dan sikap dengan p-value 0,00<0,05. Penyuluhan menggunakan video secara signifikan mempengaruhi peningkatan pengetahuan sebesar 88%. Penyuluhan menggunakan video secara signifikan mempengaruhi peningkatan sikap sebesar 76%. Tidak ada pengaruh yang bermakna dari variabel luar terhadap pengetahuan dan sikap tentang tumbuh kembang anak.


Kesimpulan : Ada pengaruh penyuluhan menggunakan media terhadap pengetahuan dan sikap ibu tentang tumbuh kembang anak dengan p-value 0,00 < 0,05. Bidan puskesmas dapat memberikan penyuluhan mengenai tumbuh kembang anak menggunakan media video agar pengetahuan dan sikap ibu semakin optimal.

Published
2020-03-30
How to Cite
TRIGUNO, Yopita; ., Supahar; PURNAMI, Luh Ayu. Pengembangan Media Video Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Ibu Tentang Tumbuh Kembang Anak di Wilayah Kerja Puskesmas Jagoi babang Kalimantan Barat. MIDWINERSLION : Jurnal Kesehatan STIKes Buleleng, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 184-194, mar. 2020. ISSN 2528-6420. Available at: <http://ejournal.stikesbuleleng.ac.id/index.php/Midwinerslion/article/view/168>. Date accessed: 13 aug. 2020.